Friday, May 05, 2006

KOPI

Saya punya komposisi kegemaran untuk kopi, susu, dan!
Enak banget!
Tidak kalah dari kopi di gerai-gerai kopi dari luar negeri!


Kopi koran pagi

Bahan:
1. kopi ganja dari Aceh yang gilingannya masih kasar
(1 sendok makan penuh)

2. susu diet tropicana slim rasa vanilla
(sesuai selera. Kalau saya suka 1 sendok teh karena jenis susu ini sangat pekat, kalau terlalu banyak bisa bikin rasa kopinya hilang. Jangan pakai susu kental manis atau susu bubuk lainnya karena tidak akan mendapat rasa yang sama dengan susu diet, entah kenapa susu diet rasanya menyerupai es krim!)

3. gula pasir
(sesuai selera. Kalau saya sih cuma 1 sendok teh)

Cara membuat:
1. ambil air mineral 1 cangkir (bukan mug atau gelas. Karena banyaknya air akan mempengaruhi kekentalan kopi dan susu. Karena saya suka yang kental, makanya saya pakai cangkir yang sedang. Sedikit lebih besar dari cangkir minum teh, tapi lebih kecil dari mug)
2. tuang air ke dalam panci bersama dengan kopi. Lalu didihkan. (kopi dimasak bersama air, bukan disiram air panas. Hal ini agar rasa dan aroma kopi lebih terasa)
3. setelah mendidih, saring ampasnya, lalu pindahkan air kopi ke dalam cangkir.
4. masukkan susu dan gula.
5. kopi siap diminum. Paling enak pagi hari sebelum jam 9. kopi ini paling cocok dinikmati sambil membaca koran pagi atau menonton acara infotainment di televisi.
Kenapa? Karena rasa kopi di minuman ini cukup kuat, sehingga bisa membuat mata melek dan membangunkan otak setelah semalaman tidur. Kerja otak kita butuhkan utnuk mencerna berita pagi di koran ataupun mencela para pekerja infotainment ataupun menganalisis berita perceraian artis yang ada di tv.



Kopi check e-mail

Bahan:
1. kopi nescafe bubuk 2 sendok teh atau dua bungkus kecil
(bukan yang 3 ini 1 atau yang sudah ada rasanya, tapi kopi yang sachet kecil itu lhooo...)

2. susu ultra putih (yang bungkusnya warna biru)
(sebaiknya yang 200 ml, tapi kalau tidak ada, yang 250 ml juga boleh asalkan diminum dulu sedikit biar susunya tidak kebanyakan)

3. gula pasir (sesuai selera. Tapi saya biasanya dua sendok teh)

Cara membuat:
1. panaskan susu ultra di microwave, selama 1 menit 30 detik. Kalau 1 menit terlalu sebentar, sedang 2 menit bisa bikin susunya habis.
2. tuang kopi kedalam mug. (kali ini pakai mug karena susunya cukup banyak, 200 ml)
3. setelah itu, masukkan susu. Lalu tambah gula dan aduk.
4. kopi siap diminum. Kopi jenis ini paling enak diminum sambil membaca e-mail atau bergosip di telepon.
Kenapa? Karena kopi jenis ini sangat terasa susunya. Tidak terlalu manis namun cukup gurih karena komposisi susu yang lebih banyak, apalagi dipanaskan selama 1 menit 30 detik. Kopi ini bisa juga dibilang kopi bohongan, karena rasa kopi yang masih samar-samar.
Susu membuat kita ingat mamah, ingat rumah, ingat kehangatan yang ada di dalamnya sehingga cocok diminum saat memeriksa e-mail sambil tertawa-tawa atau bergosip dengan teman di telepon.

Yah, itu dia komposisi kegemaran saya untuk kopi, gula, dan susu.

Sebenarnya ada banyak kopi lainnya, tapi nanti saja ya. saya belum tahu setiap jenisnya cocok untuk suasana yang seperti apa.

Cheers!

No comments: